02 October 2012

10 Hal yang Merusak Karir

Ahwansi |Membutuhkan waktu 3 hingga 15 bulan untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat. Tapi hanya dengan beberapa hari atau minggu saja anda dapat kehilangan pekerjaan itu. Berikut ini adalah 10 sifat yang dapat meracuni karir anda:

1. Bekerja dengan orang-orang yang berkemampuan buruk
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang secara konsiten lebih memilih memilih bekerja sama dengan rekan kerja yang disukai dan kurang memiliki skill daripada dengan rekan kerja yang cakap tapi tidak disukai. Para peneliti menemukan bahwa jika karyawan tidak disukai, tidak ada hubungan sama sekali dengan kemampuan mereka dalam mengerjakan tugas, tapi karena pekerja yang lain menjauhi mereka.

2. Tidak mau bekerja dalam kelompok
Tidak ada seorang pun yang senang bekerja sama dengan orang yang selalu ingin menonjolkan dirinya sendiri. Perusahaan pun mempunyai cara untuk menghadapi karyawan yang dapat menumbangkan kerja sama tim. Tunjukkan bahwa anda rekan kerja yang baik dalam tim dengan membuat atasan anda sebagai "bintangnya" dan mempertunjukkan bahwa anda memiliki niat baik untuk perusahaan.

3. Melewatkan Deadline
Perusahaan membutuhkan orang yang dapat mereka andalkan. Melewatkan deadline bukan hanya tidak profesional, tapi juga dapat merusak jadwal lainnya dan membuat atasan anda terlihat buruk dimata orang lain. Ketika anda sudah berkomitmen, pegang janji anda. Bekerja sampai larut bisa anda lakukan jika memang perlu.

4. Mengurus bisnis pribadi diwaktu kerja
E-mail dan telepon perusahaan hanya untuk urusan perusahaan. Lakukan telepon pribadi secara singkat dan sedikit. Juga, jangan pernah membuat e-mail yang dapat dibaca oleh atasan anda, beberapa sistem di perusahaan menyimpan e-mail yang dihapus ke dalam file master. Anda perlu tahu bahwa sesederhana satu klik dapat membahayakan pekerjaan anda.

5. Mengisolasi Diri
Jangan batasi diri anda. Bangun dan gunakan hubungan dengan karyawan lain dalam perusahaan. Karyawan dengan networking yang baik terbukti memiliki kerjasama tim yang lebih sukses, resensi performa kerja yang baik, mendapat peluang promosi lebih besar, dan mendapat kompensasi yang lebih tinggi.

6. Memiliki Office romance
Office romances merupakan ide yang buruk, kecuali bila anda berada di lokasi yang berbeda. Jika anda memiliki hubungan dengan atasan anda, segala pencapaian dan promosi yang anda dapatkan akan dicurigai. Dan jika hubungan anda berakhir, anda beresiko orang lain akan mengetahui hal itu dan menjadi saksi dari keadaan yang tidak menyenangkan antara anda dengannya.

7. Takut akan resiko dan kegagalan
Jika anda tidak mempercayai diri anda sendiri, maka orang lain pun tidak. Milikilah sikap "saya bisa" dan ambillah resiko. Daripada mengatakan, "Saya tidak pernah melakukan hal itu," sebaliknya katakan, "saya akan belajar sekarang". Jangan takut gagal atau membuat kesalahan. Jika anda melakukan kesalahan, akui dan terus maju. Ambil pelajaran dari setiap situasi. Ingat, seringkali, tidak menyukai resiko lebih berbahaya untuk karir anda daripada melakukan kesalahan.

8. Tidak memiliki tujuan
Kegagalan bukanlah saat anda tidak bisa mencapai tujuan anda, tapi ada pada anda yang tidak memiliki tujuan untuk dicapai. Tentukan tujuan dan buat rencana harian untuk mencapainya. Delapan puluh persen dari keefektivan anda datang dari kegiatan anda. Atur prioritas anda dan fokus pada tugas-tugas anda untuk mencapai tujuan anda.

9. Mengabaikan image anda
Orang menarik kesimpulan tentang anda dari cara anda mempresentasikan diri anda. Jadi, jangan datang ke tempat kerja dengan penampilan yang buruk dan busana yang tidak sesuai. Jujur dan gunakan bahasa yang sopan. 

10. Tidak bijaksana
Ruang kerja, lorong kantor, toilet, atau bahkan kendaraan umum bukanlah area pribadi anda. Berhati-hatilah ketika anda mengobrol di tempat umum dan dengan siapa anda berbicara. Jangan mengeluarkan lelucon yang tidak sopan, mengungkapkan rahasia perusahaan, bergosip tentang rekan kerja, atau tentang kepribadian atasan anda. Memang mengeluarkan pendapat itu gratis, tapi tidak lagi gratis kalau yang menjadi bayarannya adalah pekerjaan anda

0 komentar:

Post a Comment

"Ingat !!! Jangan Hanya Bisa Berkomentar, Berikanlah Solusi Dari Komentar Anda. Thanks"

Recent Posts